KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH JENJANG SMP
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA ALOKASI WAKTU : 120 MENIT
SEKOLAH : SMP NEGERI 3 GUNUNGPUTRI JUMLAH SOAL : 40 SOAL
LEVEL : L.1 = Pengetahuan atau pemahaman
L.2 = Aplikasi
L.3 = Penalaran atau Logika
BENTUK SOAL : -
No. |
Lingkup Materi |
Indikator Soal |
Jenis Teks |
Level Kognitif |
Nomor |
Bentuk Soal |
Tingkat |
||
1 |
2 |
3 |
|||||||
Membaca Nonsastra |
|||||||||
1 |
Menentukan isi tersurat teks |
Disajikan sebuah paragraf kutipan teks eksposisi, peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf tersebut dengan tepat |
Eksposisi |
√ |
|
|
2 |
PG |
Mudah |
2 |
Menentukan makna kata/ istilah |
Disajikan satu kalimat bagian dari teks laporan percobaan yang salah satu katanya digarisbawahi, peserta didik dapat menentukan makna kata tersebut dengan tepat. |
Biografi |
√ |
|
|
1 |
PG |
Mudah |
3 |
Menentukan ide pokok |
Disajikan sebuah paragraf kutipan teks eksposisi, peserta didik dapat menentukan makna tersirat isi paragraf tersebut dengan tepat. |
Eksposisi |
|
√ |
|
3 |
PG |
Mudah |
4 |
Menyimpulkan inti bagian teks |
Disajikan sebuah paragraf kutipan teks tanggapan, peserta didk dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut dengan tepat. |
Tanggapan |
|
√ |
|
4 |
PG |
Sedang |
5 |
Menyimpulkan isi tersirat (tujuan penulis, sikap, sasaran) |
Disajkan kutipan teks cerita inspiratif, peserta didik dapat menentukan tujuan penulis sesuai isi teks tersebut dengan tepat. |
Cerita Inspiratif |
|
√ |
|
5 |
PG |
Mudah |
6 |
Membandingkan isi teks |
Disajikan dua kutipan teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan persamaan isi kedua kutipan teks tersebut dengan tepat. |
Deskripsi |
|
|
√ |
34 |
PG |
Sedang |
7 |
Menilai isi teks (ketepatan argumen/ keakuratan sumber) |
Disajikan sebuah kutipan teks diskusi, peserta didik dapat menentukan argumen yang kontra/menentang berdasarkan teks tersebut dengan tepat. |
Diskusi |
√ |
|
|
25 |
PG |
Sedang |
Membaca Teks Sastra |
|||||||||
8 |
Menentukan isi tersurat teks |
Disajikan kutipan teks fabel, peserta didk dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut dengan tepat. |
Fabel |
√ |
|
|
6 |
PG |
Sedang |
9 |
Menentukan makna kata/ ungkapan |
Disajikan kutipan teks fabel yang salah satu katanya dicetak miring, peserta didik dapat menentukan makna kata tersebut dengan tepat.. |
Fabel |
√ |
|
|
7 |
PG |
Mudah |
10 |
Menyimpulkan isi tersirat (tema, sebab konflik, akibat konflik, amanat, latar, nilai) |
Disajikan kutipan teks fabel, peserta didik dapat menentukan sebab terjadinya konflik sesuai teks tersebut dengan tepat. |
Fabel |
|
√ |
|
8 |
PG |
Sulit |
11 |
Mengurutkan peristiwa sesuai teks sastra yang dibaca |
Disajikan daftar peristiwa-peristiwa yang tidak berurutan, peserta didik dapat menentukan urutan peristiwa teks cerpen dengan tepat. |
Cerpen |
|
√ |
|
9 |
PG |
Sedang |
12 |
Menunjukan bukti watak tokoh, latar, nilai teks |
Disajikan kutipan teks cerpen, peserta didik dapat menentukan bukti watak tokoh dengan tepat. |
Cerpen |
√ |
|
|
10 |
PG |
Sedang |
13 |
Menilai keungulan/ kelemahan karya sastra |
Disajikan kutipan teks cerpen, peserta didik dapat menentukan keunggulan teks tersebut dengan tepat. |
Cerpen |
|
|
√ |
35 |
PG |
Sedang |
Menulis Teks Nonsastra |
|||||||||
14 |
Melengkapi kata rumpang pada bagian teks |
Disajikan kutipan teks eksposisi yang rumpang, peserta didik dapat menentukan kata yang melengkapi teks tersebut dengan tepat. |
Eksposisi |
√ |
|
|
36 |
PG |
Sedang |
15 |
Membuat judul |
Disajikan kutipan teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan judul yang paling tepat berdasarkan teks tersebut dengan tepat. |
Laporan percobaan |
|
√ |
|
18 |
PG |
Mudah |
16 |
Melengkapi kalimat pada bagian teks |
Disajikan kutipan teks eksposisi bagian tesis yang salah satu kalimatnya dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian teks yang rumpang tersebut dengan tepat. |
Diskusi |
|
√ |
|
23 |
PG |
Mudah |
17 |
Melengkapi kerangka isi sesuai judul |
Disajikan kerangka teks pidato persuasif yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi kerangka isi teks tersebut dengan tepat sesuai judul. |
Pidato persuasif |
|
√ |
|
19 |
PG |
Sedang |
18 |
Melengkapi paragraf pada teks |
Disajikan suatu kutipan teks cerita inspiratif, peserta didik dapat menulis paragraf yang sesuai untuk melengkapi bagian koda yang rumpang dengan tepat. |
Cerita inspiratif |
|
√ |
|
43 |
uraian |
Sulit |
19 |
Mengubah kata kunci menjadi kalimat |
Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menentukan kalimat slogan yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut dengan tepat. |
Slogan |
|
√ |
|
20 |
PG |
Mudah |
20 |
Mengurutkan kerangka isi sesuai judul |
Disajikan sebuah urutan kerangka surat pribadi yang masih acak, peserta didik dapat mengurutkan kerangka isi surat pribadi sesuai judul dengan tepat. |
Surat pribadi |
|
√ |
|
22 |
PG |
Sedang |
21 |
Mengurutkan kalimat-kalimat menjadi teks |
Disajikan kutipan teks prosedur yang masih acak, peserta didik dapat mementukan urutan yang tepat agar kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf yang padu dengan tepat. |
Prosedur |
|
√ |
|
37 |
PG |
Sedang |
22 |
Memvariasikan judul teks |
Disajikan cuplikan teks diskusi yang disertai judul, peserta didik dapat menentukan variasi judul teks tersebut dengan tepat. |
Diskusi |
|
|
√ |
24 |
PG |
sedang |
23 |
Memvariasikan bagian teks |
Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menentukan variasi kalimat yang tepat dari teks tersebut |
Berita |
√ |
|
|
21 |
PG |
Mudah |
24 |
Mengubah teks nonsastra ke bentuk lain |
Disajikan sebuah kutipan data-data, peserta didik dapat menentukan teks laporan yang tepat hasil pengubahan dari teks tersebut. |
Laporan |
|
|
√ |
27 |
PG |
Sedang |
25 |
Membuat kerangka isi teks berdasarkan judul |
Disajikan ilustrasi sebuah judul teks eksposisi, peserta didik dapat menentukan kerangka teks yang sesuai dengan judul tersebut dengan tepat. |
Eksposisi |
|
|
√ |
26 |
PG |
Sulit |
Menulis Teks Sastra |
|||||||||
26 |
Melengkapi kata/ ungkapan rumpang pada bagian teks |
Disajikan kutipan cerpen yang rumpang, peserta didik dapat menentukan ungkapan yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen tersebut dengan tepat. |
Cerpen |
√ |
|
|
28 |
PG |
Mudah |
27 |
Melengkapi kalimat/ majas pada bagian teks |
Disajikan kutipan cerpen yang rumpang, peserta didik dapat menentukan majas yang tepat untuk melengkapi teks tersebut dengan tepat. |
Cerpen |
|
√ |
|
38 |
PG |
Mudah |
28 |
Melengkapi bagian teks |
Disajikan teks pantun yang rumpang, peserta didik dapat menentukan larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut dengan tepat. |
Pantun |
|
√ |
|
29 |
PG |
Sedang |
29 |
Melengkapi kalimat/ dialog |
Disajikan kutipan cerpen yang rumpang, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut dengan tepat. |
Cerpen |
|
√ |
|
30 |
PG |
Sedang |
30 |
Melengkapi dialog sesuai konteks |
Disajikan teks drama yang rumpang pada salah satu bagian dialognya, peserta didik dapat menentukan dialog untuk melengkapi teks tersebut dengan tepat. |
Drama |
|
√ |
|
11 |
PG |
Mudah |
31 |
Melengkapi narasi pengarang |
Disajikan teks drama yang rumpang pada bagian narasinya, peserta didik dapat menentukan narasi untuk melengkapi teks tersebut dengan tepat. |
Drama |
|
√ |
|
12 |
PG |
Sedang |
32 |
Memvariasikan sudut pandang, dialog, watak, tokoh, akhir cerita |
Disajikan kutipan cerpen yang menggunakan sudut pandang orang ketiga, peserta didik dapat mengubah teks tersebut dengan menggunakan sudut pandang orang pertama dengan tepat. |
Cerpen |
|
|
√ |
41 |
Uraian |
Sedang |
33 |
Mengubah teks sastra ke bentuk lain |
Disajikan sebuah kutipan teks cerpen, peserta didik dapat mengubah teks tersebut menjadi teks drama dengan memerhatikan kesesuaian isi, hubungan anatardialog, ejaan, dan tanda baca dengan tepat. |
Drama |
|
|
√ |
45 |
Uraian |
Sulit |
34 |
Mengganti kalimat/ kata bernilai sastra |
Disajikan penggalan puisi, peserta didik dapat menentukan perbaikan kata berima dengan tepat. |
Puisi |
√ |
|
|
13 |
PG |
Sedang |
Ciri dan Struktur Teks |
|||||||||
35 |
Mengidentifikasi bagian struktur teks |
Disajikan kutipan salah satu bagian teks laporan, peserta didik dapat menentukan bagian struktur teks laporan tersebut dengan tepat. |
LHO |
√ |
|
|
31 |
PG |
Sulit |
36 |
Menentukan jenis teks berdasarkan struktur |
Disajikan 4 buah kalimat teks iklan, peserta didik dapat menentukan jenis iklan berdasarkan tujuannya dengan tepat. |
Iklan |
√ |
|
|
14 |
PG |
Sedang |
37 |
Merinci struktur teks yang dibaca |
Disajikan kutipan teks berita, peserta didik dapat menentukan unsur adiksimba sesuai isi teks tersebut dengan tepat. |
Berita |
|
√ |
|
42 |
Uraian |
Sedang |
38 |
Menyimpulkan persamaan/ perbedaan pola struktur teks |
Disajikan dua kutipan teks berita, peserta didik dapat menentukan perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut dengan tepat. |
Berita |
|
√ |
|
15 |
PG |
sedang |
39 |
Memperbaiki struktur teks |
Disajikan satu kalimat bagian dari teks biografi yang struktur kalimatnya tidak tepat, peserta didik dapat menentukan kalimat perbaikan struktur kalimat tersebut dengan tepat. |
Biografi |
|
√ |
|
16 |
PG |
Sulit |
40 |
Menunjukan alasan bukti kesalahan struktur teks |
Disajikan kutipan teks laporan hasil observasi yang memiliki kesalahan bagian strukturnya, peserta didik dapat menentukan alasan kesalahan tersebut dengan tepat. |
LHO |
|
|
√ |
39 |
PG |
Sedang |
Keterangan
Level Kognitif |
||
1: Pengetahuan dan Pemahaman |
2: Aplikasi |
3: Penalaran |
· Mengidentifikasi · Menemukan · Memaknai
|
· Menyimpulkan · Mngurutkan · Melengkapi · Menyusun · Mengklasifikasi |
· Membandingkan · Mengevaluasi · Merefleksi · Menyunting · Mengubah · Memvariasikan · Memetakan · Mengembangkan |
Mengetahui |
Gunungputri, April 2023 |
Kepala SMP N 3 Gunungputri |
Guru Mata Pelajaran |
|
|
TTD |
TTD |
|
|
MOCHAMAD RUSDI, S.T, M.Pd. |
SADAN, S.Pd. |
NIP . 19810401 200604 1 010 |
NIP. 19860125 201902 1 002 |
Komentar
Posting Komentar